• Jumat, 9 Desember 2022

Presiden Jokowi Singgung Kelangkaan Pupuk di KTT G20, Katanya: 2023 Bakal Suram!

- Selasa, 15 November 2022 | 14:23 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan pada pembukaan KTT G20 di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022 (setkab.go.id)
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan pada pembukaan KTT G20 di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022 (setkab.go.id)

KABAR ALAM - Masalah kelangkaan pupuk sepertinya sudah sampai ke Presiden RI, Joko Widodo. Buktinya, saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022, Presiden Jokowi menyinggung masalah ini.

“Masalah pupuk, jangan disepelekan. Jika kita tidak segera mengambil langkah agar ketersediaan pupuk mencukupi dengan harga yang terjangkau, maka 2023 akan menjadi tahun yang lebih suram,” ujar Presiden Jokowi menyinggung kelangkaan pupuk seperti dikutip KABARALAM.com dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Presiden menambahkan, tingginya harga pangan saat ini dapat semakin buruk dan dapat memicu tidak adanya pasokan pangan jika kelangkaan pupuk tak bisa diatasi.

Baca Juga: Polisi Dalami Kemungkinan 5 Perusahaan Farmasi Terima Pelarut Mengandung Propilen Glikol

“Kelangkaan pupuk dapat mengakibatkan gagal panen di berbagai belahan dunia, 48 negara berkembang dengan tingkat kerawanan pangan tertinggi akan menghadapi kondisi yang sangat serius,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, P{residen mendorong KTT G20 untuk menghasilkan langkah konkret dalam upaya pemulihan dunia.

“Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal,” ujarnya.

Baca Juga: Menteri Pertanian RI : Penguatan Ketahanan Pangan Bersama sebagai Pilar Utama Kemanusiaan

Presiden menyatakan, sebagai pemegang presidensi G20 Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam dan lebar.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X