• Jumat, 9 Desember 2022

Pertamina NRE, Keppel Infrastructure, Chevron Kembangkan Proyek Hidrogen Hijau dan Amonia Hijau di Indonesia

- Minggu, 13 November 2022 | 07:46 WIB
Penandatanganan JSA oleh Chevron New Energies International Pte. Ltd., Pertamina Power Indonesia (Pertamina NRE), dan Keppel New Energy Pte. Ltd. (dok. Chevron)
Penandatanganan JSA oleh Chevron New Energies International Pte. Ltd., Pertamina Power Indonesia (Pertamina NRE), dan Keppel New Energy Pte. Ltd. (dok. Chevron)

KABARALAM - Pertamina Power Indonesia (Pertamina NRE), Keppel Infrastructure, melalui Keppel New Energy Pte. Ltd., dan Chevron Corporation (NYSE: CVX), melalui Chevron New Energies International Pte. Ltd., telah menandatangani Joint Study Agreement (JSA) dengan energi terbarukan dengan lokasi utama di Sumatera, Indonesia. Perjanjian tersebut untuk mengeksplorasi proyek pengembangan hidrogen hijau dan amonia hijau tertentu.


Penandatanganan JSA diadakan di side event Business 20 (B20) Investment Forum, yang diadakan menjelang B20 Summit di Bali. B20 merupakan forum dialog resmi dari G20 yang mewakili komunitas bisnis global.

Hadir sekaligus menandatangani dalam penandatanganan kesepakatan JSA CEO Pertamina NRE, Dannif Danusaputro, Director Keppel New Energy, Pte., Ltd., Yong-Hwee CHUA dan Director Chevron New Energies International, Pte., Ltd Andrew S Mingst.

Baca Juga: Kasus Tindak Pidana Gagal Ginjal Akut, Polisi Periksa 2 Pejabat BPOM

Penandatangan ini disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan; Menteri Investasi Indonesia sekaligus Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia; Presiden Direktur & CEO PT Pertamina (Persero) sekaligus Ketua Satuan Tugas B20 Energy, Sustainability and Climate, Nicke Widyawati; serta CEO Keppel Infrastructure, Cindy Lim.

Joint Study Agreement tersebut bermaksud untuk menjajaki kelayakan pengembangan fasilitas hidrogen hijau, dengan kapasitas produksi minimal 40.000 ton per tahun yang didukung oleh setidaknya 250 - 400 MW energi panas bumi pada tahap awal.

Fasilitas produksi hidrogen akan memiliki potensi untuk ditingkatkan hingga 80.000 dan 160.000 ton per tahun yang bergantung pada ketersediaan energi panas bumi serta permintaan pasar.

Baca Juga: Menyaksikan Kura-kura Langka di Desa Belawa Cirebon

JSA akan menggabungkan kekuatan yang saling melengkapi di antara Pertamina NRE sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia dan Keppel Infrastructure selaku penyedia solusi infrastruktur energi terkemuka yang berbasis di Singapura dengan rekam jejak kuat dalam mengembangkan dan mengoperasikan proyek infrastruktur energi dan lingkungan berskala besar, serta Chevron, perusahaan energi multinasional yang berkomitmen dalam menyediakan energi terjangkau, andal, dan bersih.

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X