• Kamis, 1 Desember 2022

Emil Salim: Jadikan Air, Angin dan Matahari sebagai Sumber Energi Bersih

- Rabu, 28 September 2022 | 07:07 WIB
Emil Salim: Jadikan Air, Angin dan Matahari sebagai Sumber Energi Bersih (Mia Nurmiarani/Kabar Alam)
Emil Salim: Jadikan Air, Angin dan Matahari sebagai Sumber Energi Bersih (Mia Nurmiarani/Kabar Alam)

 

KABAR ALAM - Energi matahari, air, angin dan sumber energi lainnya harus mendapat kesempatan tumbuh sebagai energi bersih  di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan dengan lantang oleh Prof. H. Emil Salim, M.A., Ph.D., tokoh intelektual yang berperan dalam bidang lingkungan hidup, pada Webinar Bedah Buku “Tambang Transformatif: Seri Knowledge Management Tekmira”, Senin, 26 September 2022 di Gedung Muhammad Sadli 1 Direktorat Jenderal Minera dan Batubara, Kementrian Energi Sumber Daya Energi dan Mineral. 

Menurut Emil Salim, pada pertemuan di Paris 2014 yang lalu memutuskan bahwa dunia akan mengeluarkan pencemaran dan memasukkan pencemaran dalam hubungan keseimbangan. Ada kesepakatan dunia Paris global meeting untuk menjaga agar kita seimbang dalam pencemaran keluar dan kebersihan ke dalam dari pencemaran itu.

Emil berandai-andai, jika semua negara mengikuti ketentuan Paris meeting ini dan semua negara menjaga agar apa yang mereka keluarkan, disertai dengan usaha menghapuskan net zero sum, maka dunia bisa hidup tanpa pencemaran. 

Baca Juga: Top 5 Hits 27 September 2022, Bedah Buku Tambang Transformatif Masih Memimpin

“Celakanya, dunia tidak sama. Jika Paris mengambil sasaran 2015 net zero sum sebagai sasaran untuk dicapai, Indonesia mengambil sasaran 2016. Jika ada keinginan untuk mempercepat, Indonesia masih berleha-leha untuk memperlambat. Pertimbangan ekonomi politik macam-macam ikut bicara, hakikat masalah adalah bahwa sesungguhnya secara rasional ilmiah permasalahan bisa ditangani secara saintifik ilmiah,” beber Emil.

Emil Salim berpendapat, menurutnya, persoalannya adalah di wilayah political will. Hal kedua adalah kita mempunyai resource yang banyak untuk energi. 

Emil juga menegaskan, energi matahari, air, angin dan sumber energi lainnya harus mendapat kesempatan tumbuh sebagai energi bersih di Indonesia. 

Halaman:

Editor: Mia Nurmiarani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menteri LHK Apresiasi Bogor Go Green 7

Minggu, 27 November 2022 | 20:25 WIB
X