• Jumat, 30 September 2022

RSUD Sumedang Integrasikan Konsep Green Hospital dan Smart City, Apaan Tuh?

- Jumat, 23 September 2022 | 16:04 WIB
RSUD Kabupaten Sumedang integrasikan konsep green hospital dan smart city
RSUD Kabupaten Sumedang integrasikan konsep green hospital dan smart city

KABAR ALAM - Untuk mendukung program smart city, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumedang (RSUD Kabupaten Sumedang) bakal mengintegrasikan konsep green hospital.

Hal itu sebagai bentuk komitmen RSUD Kabupaten Sumedang untuk meningkatkan kualitas layanan berkelanjutan.

"Green Hospital tidak hanya fisiknya saja, seperti vertical farming, roof garden dan lahan terbuka sebagai tempat healing pasien, tetapi juga meliputi efisiensi energi listrik dan air, juga pemanfaatan makanan dan pengolahan limbah," kata Direktur RSUD Kabupaten Sumedang Aceng Salehudin, seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jumat, 23 September 2022.

Baca Juga: Lindungi Ternak Warga dari Serangan Harimau, SPTN V Bohorok Bantu Warga Bangun Kandang TPE

Dikatakan Aceng, dari segi manajerial, untuk mencapai bidikan Indikator Kinerja Utama (IKU) RSUD yaitu akreditasi dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) harus dilakukan cascading Green Hospital sampai ke bawah.

"IKU Rumah Sakit itu akreditasi dan IKM yang ruhnya adalah Green ahospital. Setiap orang di RSUD, sampai ke pasien, penunggu pasien harus berwawasan Green Hospital. Tidak hanya Direktur, tapi juga sampai karyawan," katanya.

Aceng mengaku, konsep green hospital sudah lama berjalan, namun menurutnya belum sempurna. Oleh karena itu, pihaknya tengah berupaya menggabungkan green Hospital dengan smart City.

Baca Juga: Sejarah Kawasan Konservasi di Indonesia dari Masa ke Masa, Sudah Dimulai Sejak Zaman Belanda

Aceng berharap, selain bisa menjadi kebanggaan bagi daerah, diharapkan green hospital bisa dieksternalisasi oleh tiap Puskesmas untuk dijadikan pilot project.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: sumedangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X