• Jumat, 30 September 2022

Kritis, Jawa Barat Tidak Punya TPA Sampah!

- Senin, 19 September 2022 | 18:30 WIB
Ir. Ria Ismaria, M.T  tim leader project ISWMP konsultan UNDP bersiap akan  memaparkan materi  berjudul Rencana Induk Pengelolaan Sampah Jawa Barat (KABARALAM.com/Mia Nurmiarani)
Ir. Ria Ismaria, M.T tim leader project ISWMP konsultan UNDP bersiap akan memaparkan materi berjudul Rencana Induk Pengelolaan Sampah Jawa Barat (KABARALAM.com/Mia Nurmiarani)

KABAR ALAM - Isu strategis di Jawa Barat adalah ketika kota/kabupaten tidak memiliki kapasitas mengelola sampah sesuai dengan target.

Pernyataan tersebut dilontarkan seorang konsultan United Nations Development Programme (UNDP) Ir. Ria Ismaria, M.T dalam paparannya yang berjudul Rencana Induk Pengelolaan Sampah Jawa Barat di acara Gelar Karya Ilmiah Perguruan Tinggi dalam Pengelolaan Persampahan di Wilayah Perkotaan Cekungan Bandung, Kamis, 8 September 2022 lalu.

“Kota/kabupaten tidak memiliki kapasitas mengelola sampah sesuai dengan target. Isu Kritis Saat ini Bandung tidak memiliki TPA yang memadai,” kata Ria.

Baca Juga: Cemas karena Kucing Kesayangan Sering Kabur dari Rumah, Ini Tips Efektif untuk Menghentikannya

Ria menyebutkan, ISWM (Improvement of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities) merupakan program berskala nasional yang bertujuan meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia. Diharapkan ISWM ini jadi contoh good practice bagi daerah lain.

Model ISWMP atau juga yang disebut sebagai peningkatan kinerja pengelolaan sampah kota/kab yang dipaparkan oleh Ria mempunya 4 tahapan milestone yang harus dicapai.

Milestone pertama adalah mendapatkan komitmen kepala daerah, kedua penguatan kebijakan dan strategi pengelolaan sampah kota/kabupaten. ketiga implementasi sistem pengelolaan sampah di skala terbatas, dan keempat implementasi sistem pengelolaan sampah di skala kota.

Ir. Ria Ismaria, M.T tim leader project ISWMP konsultan PUPR sedang memaparkan materi berjudul Rencana Induk Pengelolaan Sampah Jawa Barat (KABARALAM.com/Mia Nurmiarani)

Baca Juga: Gebyar PAS, Gerakan Belanja Bayar Pakai Sampah, Begini Prosedur Pelaksanaannya

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X