• Jumat, 30 September 2022

Wabup Garut: Kemampuan Menolong Saat Terjadi Bencana Sangat Dibutuhkan

- Minggu, 18 September 2022 | 13:38 WIB
Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman bersama para peserta basic training Scouting Skill Jungle Survival . (garutkab.go.id)
Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman bersama para peserta basic training Scouting Skill Jungle Survival . (garutkab.go.id)


KABAR ALAM - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengatakan bahwa sebagai daerah rawan bencana, Kabupaten Garut membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan untuk menolong sesama.

Ia mengatakan, salah satu yang dibutuhkan oleh masyarakat Garut adalah ada yang membantu menolong mereka ketika terjadi bencana.

Oleh karena itu, ia menilai bahwa kemampuan untuk menolong sesama, kemampuan untuk mencegah, ataupun mitigasi terhadap bencana merupakan sebuah keharusan.

"Kalau punya kemampuan itu suatu keunggulan. KKalau tidak punya kemampuan, maka sangat disayangkan karena masyarakat kita sangat membutuhkan," lanjutnya seperti dikutip laman jabarprov.go.id.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Jakarta, Hari Ini, Minggu 18 September 2022, Potensi Hujan pada Sore dan Malam Hari

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman saat menghadiri acara Basic Training Scouting Skill Jungle Survival dengan tema Penguatan Karakter Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Lingkungan Melalui Pendidikan Kepramukaan di SMK 2 Pasundan, Jalan Pasundan, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat 16 September 2022.

Dalam kesempatan ini, Wabup Garut memuji para anggota pramuka yang turut mengikuti pelatihan ini karena tidak semua orang memiliki minat terhadap pelatihan search and rescue (SAR) ini.

Ia menyampaikan, agar para peserta pelatihan ini harus memiliki keinginan yang kuat sesuai dengan yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Menurutnya, para anggota Pramuka harus selalu siap berbakti kepada masyarakat serta mengabdi kepada masyarakat.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Bandung, Hari Ini, Minggu 18 September 2022, Pagi Cerah Berawan, Sore Hujan Ringan

Wabup Garut yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut juga mengucapkan terima kasih kepada tim SAR yang dimiliki oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Garut yang telah turut terjun kepada masyarakat, khususnya ketika Kabupaten Garut dilanda bencana.

"Berbanggalah, berbahagialah, (telah menjadi) salah satu tim SAR atau yang memiliki kemampuan sebagai tim SAR yang akan melakukan pertolongan kepada masyarakat Kabupaten Garut," tegasnya.***

Editor: Yudi Noorahman

Sumber: garutkab.bps.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X