• Jumat, 30 September 2022

World Cleanup Day 2022: Pemkab Bandung Siapkan Inovasi Pengelolaan Sampah Efektif, Apa Kang DS?

- Sabtu, 17 September 2022 | 16:16 WIB
Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengungkapkan, rintisan inovasi tersebut adalah waste to energy atau pengelolaan sampah menjadi energi pada peringatan World Cleanup Day 2022, Sabtu, 17 September 2022 (Instagram/@dadangsupriatna)
Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengungkapkan, rintisan inovasi tersebut adalah waste to energy atau pengelolaan sampah menjadi energi pada peringatan World Cleanup Day 2022, Sabtu, 17 September 2022 (Instagram/@dadangsupriatna)


KABAR ALAM - Pada puncak peringatan World Cleanup Day 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung tengah merintis inovasi pengelolaan sampah yang dinilai lebih efektif dan efesien.

Di tengah kegiatan bersih-bersih puncak peringatan World Cleanup Day 2022, Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengungkapkan, rintisan inovasi tersebut adalah waste to energy atau pengelolaan sampah menjadi energi.

"InsyaAllah dalam waktu dekat akan dilaksanakan, mohon doa dan dukungan Bersama DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dan DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang)," ungkap Dadang Supriatna dalam keterangan tertulisnya tentang rencana pengelolaan sampah tersebut usai puncak peringatan World Cleanup Day 2022, Sabtu, 17 September 2022.

Baca Juga: Rangkaian HUT ke-212 Kota Bandung: Bebersih Bandung Jilid 4 Diikuti oleh Ribuan Warga

Sebelum meluncurkan inovasi tersebut, Kang DS -- sapaan akrabnya -- mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran untuk pengelolaan sampah dengan berwawasan lingkungan.

Dikataknnya, sampah merupakan tanggung jawab bersama. Karena itu, dalam pengelolaannya diperlukan komitmen dan sinergi bersama untuk mengurangi dan menangani sampah secara berwawasan lingkungan.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan amanat Undang Undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah pasal 12, bahwa setiap orang dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan.

Baca Juga: World Cleanup Day 2022, ASN Dukung NTB Bersih dan Bebas Sampah 2023

Diungkapkan, jumlah timbulan sampah di Kabupaten Bandung adalah 1.268 ton/hari dan pemerintah hanya dapat mengeola sampah tersebut sekitar 75,32%. Sebagai langkah peningkatan pelayanan, salah satu program yang telah dilaksanakan adalah melalui Program Bandung Bedas Bersih Sampah 2021–2026.

Karena itu, Dadang mengajak kepada seluruh perangkat daerah dan wilayah, untuk melakukan langkah-langkah konkret dalam pengelolaan sampah di lingkungan sekitar, mendukung sarana dan berikan edukasi sekaligus contoh perilaku kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X