• Jumat, 30 September 2022

KKN Tematik ITB, Mahasiswa Bangun Rukori dan TPS Sampah Komunal, Apaan Tuh?

- Sabtu, 17 September 2022 | 11:11 WIB
Peserta KKN Tematik ITB membangun TPS sampah komunal tingkat desa (itb.ac.id)
Peserta KKN Tematik ITB membangun TPS sampah komunal tingkat desa (itb.ac.id)

 

KABAR ALAM - Dua program terkait pengelolaan sampah dilakukan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Institut Teknologi Bandung (KKN Tematik ITB) di Desa Kebonturi, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Mengutip laman resmi ITB, Sabtu, 17 September 2022, kelompok 1 KKN Tematik ITB mengusung program utama pembangunan Rumah Kompos Kebonturi (Rukori). Sedangkan kelompok 2 menjalankan program pengadaan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah komunal untuk skala desa.

Diungkapkan, program-program KKN Tematik ITB ini dilatarbelakangi kondisi pengelolaan dan pengolahan sampah di Desa Kebonturi, Kecamatan Arjawinangun yang belum memadai.
Kurangnya ketersediaan tempat sampah komunal sebagai fasilitas umum menyebabkan banyaknya sampah bertumpuk di jalan maupun lingkungan permukiman warga.

Baca Juga: Virus Bersih-bersih Bumi di World Cleanup Day, Dari Estonia Menyebar ke 191 Negara

Selain itu, minimnya pengetahuan warga tentang pemilahan sampah yang benar menjadikan masalah persampahan di Desa Kebonturi semakin pelik.

Karena itulah, kelompok 2 menginisiasi program pengelolaan sampah yang lebih baik melalui pembangunan TPS. Mereka bekerja sama dengan perangkat desa yang bertugas mengumpulkan dan mengangkut sampah dari warga.

TPS yang dibangun berukuran 8x8 meter yang rencananya dilengkapi dengan pembakaran menggunakan alat yang dapat meminimalisir polusi udara.

Baca Juga: Top 5 Hits 16 September 2022, Link Twibbon World Cleanup Day Paling Banyak Dicari

Sebelum sampah masuk ke TPS, pemilahan dilakukan untuk memisahkan sampah organik dari anorganik. Sampah organik masuk dalam sistem pengolahan kompos yang dirancang kelompok 1. Sedangkan sampah anorganik sisanya akan langsung masuk ke TPS.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: itb.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X