• Jumat, 30 September 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 5 Sub 1 Gencarkan Pembuatan Lubang Biopori

- Kamis, 15 September 2022 | 08:51 WIB
Untuk melestarikan ekosistem bantaran serta aliran Sungai Citarum, Satgas Citarum Harum Sektor 5 Sub 1 membuat puluhan lubang biopori di Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa 13 September 2022. (jabarprov.go.id)
Untuk melestarikan ekosistem bantaran serta aliran Sungai Citarum, Satgas Citarum Harum Sektor 5 Sub 1 membuat puluhan lubang biopori di Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa 13 September 2022. (jabarprov.go.id)


KABAR ALAM - Satgas Citarum Harum Sektor 5 Sub 1 membuat puluhan lubang biopori di wilayah Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa 13 September 2022.  

Hal tersebut dilakukan dalam upaya menjaga dan melestarikan ekosistem bantaran serta aliran Sungai Citarum.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dansub 1 Peltu Harapan Napitupulu.

Sementara, Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen mengatakan, pembuatan puluhan biopori bertujuan selain untuk meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah sehingga mampu mengurangi risiko banjir akibat meluapnya air hujan, juga dalam upaya menjaga ekosistem yang ada.

Baca Juga: Upaya Mengembalikan Habitat Ikan dan Udang, Satgas Citarum Harum Bersihkan Sungai Curug Lalay

"Makna dari biopori adalah lubang resapan yang dibuat tegak lurus dalam tanah, lubang tersebut kemudian diisi dengan sampah organik, sampah organik yang ada di lubang menjadi makanan cacing yang kemudian cacing-cacing ini akan membuat terowongan kecil yang dapat meningkatkan luas permukaan tanah sehingga memiliki berbagai manfaat bagi lingkungan," jelas Adhe di Media Center, Jln. Aceh No. 69, Kota Bandung, seperti dikutip jabarprov.go.id, Rabu 14 September 2022.

Menurut Kapendam, selain pembuatan lubang biopori, Sub 1 pun gencar melakukan penataan lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya, seperti perawatan pohon agar dapat tumbuh dengan baik hingga akhirnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

"Kegiatan pemeliharaan lingkungan juga diimbangi kegiatan patroli dan sosialisasi kepada anak-anak terkait program Citarum Harum," kata Adhe.

“Kegiatan patroli dan sosialisasi pemeliharaan lingkungan dapat menghasilkan output terpeliharanya lingkungan Citarum Harum yang bersih, juga membentuk anak-anak cinta akan lingkungan, karena anak-anak inilah yang akan menjadi penerus serta kader yang akan memelihara kelestarian alam ini khususnya di Sektor 5 Sub 1,” imbuhnya.

Baca Juga: Atasi Banjir Kopo Citarip, Pemkot Bandung Segera Bangun Rumah Pompa dengan Teknologi Sedot Lumpur

Senada dengan Kapendam, Dansub 1 Sektor 5 Satgas Citarum Harum Peltu Harapan Napitupulu mengatakan, perawatan pohon dan pembuatan lubang biopori ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam menjaga ekosistem Sungai Citarum dan bantarannya.

“Terkait sosialisasi kepada anak-anak tentang program Citarum Harum serta kegiatan patroli bertujuan agar anak-anak bisa ikut berperan aktif sejak dini dalam melestarikan lingkungan dengan menjaga dan memelihara ekosistem yang ada, "tuturnya.***

Editor: Yudi Noorahman

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X