• Jumat, 30 September 2022

Badak Jawa Jadi Logo dan Maskot Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Ini Alasannya!

- Rabu, 14 September 2022 | 20:39 WIB
Badak jawa dipilih menjadi logo Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 atau World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022 yang akan digelar di Tangerang, Banten, 2-11 Desember (iwuf.org)
Badak jawa dipilih menjadi logo Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 atau World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022 yang akan digelar di Tangerang, Banten, 2-11 Desember (iwuf.org)

KABAR ALAM - Badak jawa dipilih menjadi logo Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 atau World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022 yang akan digelar di Tangerang, Banten, 2-11 Desember mendatang.

Dikutip dari laman resmi Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, pemilihan badak jawa sebagai logo karena satwa ini sudah sangat langka. Anggota famili Rhinocerotidae ini merupakan satu dari lima badak yang masih ada.

Disebutkan, badak Jawa paling langka spesies dan yang bertahan hidup hanya ada di Indonesia.

Baca Juga: Perhutani Dukung Pengolahan Kopi Industri LMDH Mekarwanajati Garut

"Sekarang, badak Jawa hanya ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon, Provinsi Banten. Itu tempat penyelenggaraan kejuaraan ini juga ada di provinsi Banten," tulis laman resmi kejuaraan.

Logo WJWC 2022 simpel, namun sarat makna. Di bagian kiri, terdapat sosok anak laki-laki yang memegang toya (senjata tongkat panjang/stik) yang melambangkan salah satu jurus wushu yakni Gun Shu.

Kemudian ada lengkungan yang menggambarkan badak jawa yang dikenal dengan nama badak sunda atau badak bercula satu yang saat ini hanya dapat ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Baca Juga: Musim Hujan Datang, BPBD Sumedang: Jangan Buang Sampah Sembarangan

Secara implisit, bentuk pada logo WJWC 2022 menunjukkan angka delapan yang merupakan edisi dari WJWC 2022. Selain juga melambangkan keabadian yang berarti berkelanjutan dan persatuan.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X