• Jumat, 30 September 2022

Musim Hujan Datang, BPBD Sumedang: Jangan Buang Sampah Sembarangan

- Rabu, 14 September 2022 | 17:55 WIB
Petugas membersihkan dari aliran sungai di Sumedang (sumedangkab.go.id)
Petugas membersihkan dari aliran sungai di Sumedang (sumedangkab.go.id)

KABAR ALAM - Musim hujan sudah datang. Karena itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, Atang Sutarno meminta warga supaya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ajakan tersebut dilontarkan Atang Sutarno karena bencana banjir terjadi akibat kebiasaan warga membuang sampah sembarangan.

“Saya sudah sampaikan ke beberapa desa tangguh bencana (Destana), tolong jaga kebersihan lingkungan dan harus jadi bahan perhatian," kata Atang seperti dikutip KABARALAM.com dari laman sumedangkab.go.id, Rabu, 14 September 2022.

Baca Juga: Benarkah Kereta Api Moda Transportasi Ramah Lingkungan? Simak Penjelasan PT KAI!

"Ingat saat ada banjir di depan Kantor Dinas Pertanian sampai macet total, kami saat membuka gorong-gorong ada kasur bekas, itu kan masyarakat yang buang,” tegasnya.

Selain itu, Atang juga mengimbau agar masyarakat tidak membendung saluran air sembarangan. Sebab saat terjadi hujan deras, kemungkinan ambrol akan terjadi.

"Pernah terjadi ada saluran irigasi ditahan kemudian dilubangi, alasannya supaya kebagian air untuk pengairan. Akan tetapi hati-hati saat air banyak, kemudian tak kuat menahan pada akhirnya jebol," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia menghimbau kepada segenap masyarakat disaat musim hujan yang telah dimulai akhir-akhir ini, supaya memahami segala potensi bencana yang bisa saja terjadi saat musim penghujan.

Baca Juga: Drainase Tersumbat Sampah Salah Satu Penyebab Banjir Cibaduyut

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Sumber: sumedangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X