• Minggu, 25 September 2022

Drainase Tersumbat Sampah Salah Satu Penyebab Banjir Cibaduyut

- Rabu, 14 September 2022 | 14:26 WIB
Penampakan banjir di terowongan Cibaduyut (bandung.go.id/prfmnews.id)
Penampakan banjir di terowongan Cibaduyut (bandung.go.id/prfmnews.id)

KABAR ALAM - Kepala Bidang Pengendalian Daya Rusak Air Dinas Sumber Daya Alam dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Dini Dianawati mengungkapkan, sampah menjadi salah satu penyebab banjir di Cibaduyut.

Karena itu, Pemkot Bandung memperbaiki saluran drainase, dan intensif melakukan pemeliharaan, pengerukan sampah, serta penambalan jalan.

"Kalau di Cibaduyut ini faktor banjirnya memang kebanyakan karena sampah yang menyumbat. Terutama sampah-sampah yang sulit terurai," jelasnya seperti dikutip KABARALAM.com dari laman bandung.go.id.

Baca Juga: Harimau Sumatera Terkejut, Seorang Pegawai Jadi Korban

Untuk menangani permasalahan tersebut, Pemkot Bandung juga berencana membangun sumur imbuhan atau sumur resapan tambahan pada tahun ini.

Dini menyampaikan, pembangunan sumur resapan Cibaduyut untuk penanganan banjir telah masuk pada tahap perjanjian kerja sama.

"Pemkot Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung sudah bersepakat untuk membenahi Cibaduyut. Sebenarnya tahun 2020 Pemkot Bandung juga sudah membangun sumur imbuhan atau sumur resapan dalam," ujar Dini.

Baca Juga: Pestisida Nabati Pengganti Pestisida Kimia

Ia melanjutkan, pada saat itu belum terjadi banyak genangan. Namun, ternyata saluran di Kabupaten Bandung sudah makin menyempit.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X