Kamis, 28 Mei 2020
News & Nature
Berita

KLHK Bantu Korban Longsor Bogor

Selasa, 14 Januari 2020

Yang pertama untuk warga terdampak

KLHK Bantu Korban Longsor Bogor
klhk
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan bantuan logistik kepada para korban bencana longsor yang berasal dari Kampung Rancanangka Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor

Bogor -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan bantuan logistik kepada para korban bencana longsor yang berasal dari Kampung Rancanangka Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Haurbentes yang dikelola oleh KLHK.

Bantuan logistik berupa makanan (mie instan, susu, kue kering), pembalut wanita, popok bayi, pakaian layak pakai, dan selimut sebanyak dua mobil diserahkan oleh Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi Biro Hubungan Masyarakat KLHK, Budhi Chandra pada Senin 13 Januari 2020.

Bantuan diterima secara simbolis oleh Ketua Rukun Warga (RW) 05 Kampung Rancanangka, Zaenudin di depan posko pengungsian korban yang terletak di Desa Cileuksa Kabupaten Bogor. 

"Bantuan ini merupakan upaya KLHK untuk meringankan beban para korban longsor di Bogor yang kebetulan lokasinya dekat dengan kawasan hutan yang dikelola oleh KLHK," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi Biro Humas KLHK Budhi Chandra memberi keterangan mewakili Ketua Posko Bantuan Penanganan Pasca Bencana Banjir dan Tanah Longsor Kementerian LHK.

Penyaluran bantuan ini merupakan salah satu yang pertama didapatkan oleh warga terdampak, semenjak bencana longsor ini menimpa wilayah mereka yang berlanskap berbukit-bukit. Longsor tersebut terjadi pada 1 Januari 2020 yang lalu saat curah hujan yang sangat tinggi meliputi wilayah mereka. Hal ini diketahui dari keterangan Djaenudin yang membawahi 196 Kepala Keluarga (KK) dengan 700 jiwa di RW yang dipimpinnya.

Bencana longsor ini telah memutuskan akses jalan dan jembatan untuk menuju ke Desa Rancanangka dan desa-desa di sekitarnya. Longsor juga telah merusak puluhan rumah warga. Diharapkan instansi yang berwenang lainnya dapat segera menyalurkan bantuannya baik logistik, bahan bakar dan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan serta rumah tinggal, agar masyarakat terdampak bencana longsor tersebut dapat segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. (*)



BAGIKAN

BERI KOMENTAR