Minggu, 8 Desember 2019
News & Nature
Berita

BKSDA Kalteng dan OF-UK Indonesia Edukasi Siswa

Kamis, 28 November 2019

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia

BKSDA Kalteng dan OF-UK Indonesia Edukasi Siswa
BKSDA Kalteng
BKSDA Kalteng bersama OF-UK Indonesia mengundang empat puluh siswa SMKN 1 Sukamara untuk berpartisipasi pada kegiatan penanaman dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam

Sukamara -- BKSDA Kalteng bersama OF-UK Indonesia mengundang empat puluh siswa SMKN 1 Sukamara untuk berpartisipasi pada kegiatan penanaman dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam.  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukamara juga turut serta pada kegiatan tersebut yang berlangsung di area Pos Penjagaan dan Pemantauan Danau Burung, Suaka Margasatwa Lamandau. 

Saat membuka acara edukasi penanaman pohon, Dendi Setiadi, SH., Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Kalteng berujar bahwa 99% penyebab kebakaran hutan adalah ulah manusia itu sendiri, sehingga Dendi menghimbau agar para siswa dapat menjaga lingkungan di sekitarnya.  Dendi juga menegaskan kepada para siswa untuk menghilangkan perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan aturan, seperti membakar dan menebang pohon. “Jangan pernah meninggalkan air mata untuk anak cucu kita, tapi tinggalkanlah mata air untuk anak cucu kita,” pesan Dendi di akhir sambutannya. 

Supervisor Reforestasi OF-UK Indonesia, Suparyanto, SP., memberikan gambaran tentang kegiatan reforestasi yang dilakukan oleh OF-UK Indonesia bersama BKSDA Kalteng.  Kang Anto menyampaikan bahwa OF-UK Indonesia telah  melakukan kegiatan reforestasi di Suaka Margasatwa Lamandau sejak tahun 2015 di tiga lokasi, yaitu area Pos Danau Burung, area Pos Sungai Pasir, dan area Pos Perapat.  Capaian wilayah yang sudah ditanami sampai saat ini sekitar 35 hektar dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 59.058 batang.  Sementara pada tahun ini akan ditanam sekitar 15 ribu bibit di tiga lokasi dengan luasan 15 hektar.   Bibit yang ditanam merupakan pohon pakan orangutan yang relatif tahan dari api, seperti ubar samak, ubar putih, ubar jambu, dan balangiran.

Pelajar yang hadir di lokasi reforestasi diberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai penyiapan bibit dengan cara cabutan dan teknik penanaman.  Simulasi penyiapan bibit dilakukan dalam kelompok kecil, terdiri dari 8 orang pelajar yang didampingi satu orang petugas lapangan dari BKSDA Kalteng atau OF-UK Indonesia.  Setiap kelompok dibekali bibit hasil cabutan, media tanam berupa tanah dan pupuk kandang serta polybag.  Bibit yang berhasil dibuat oleh setiap kelompok disimpan pada bedengan yang telah disediakan di dalam persemaian.

Selanjutnya siswa dan undangan lainnya diajak melakukan penanaman di areal yang telah disediakan.  Setiap siswa menanam satu pohon sesuai kelompoknya masing-masing yang didampingi oleh petugas lapangan dan  guru pembimbing.  Diakhir acara, para siswa diajak berkumpul di dalam persemaian untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam mengikuti kegiatan edukasi penanaman.  Reza, siswa jurusan multimedia, mengutarakan bahwa ini merupakan pengalaman pertama kali mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama teman-temannya.  Reza juga merasa gembira dapat berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, khususnya dalam bentuk reforestasi habitat orangutan.  

Mewakili teman-temannya, Reza berharap akan diajak kembali pada acara yang sama di lain kesempatan.  Acara diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan kepada SMK Negeri 1 Sukamara oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun, BKSDA Kalteng.  Kegiatan ini sekaligus menandai dimulainya penanaman dalam rangka reforestasi pada tahun ini, semoga bibit yang ditanam hari ini tumbuh dan berkembang dengan baik di Suaka Margasatwa Lamandau.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR