Jumat, 15 November 2019
News & Nature
Berita

Program Penghijauan Danau Toba Dibahas

Kamis, 7 November 2019

Wamen Alue Dohong Terima Kunjungan KDT

Program Penghijauan Danau Toba Dibahas
ppid.menlhk.go.id
Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong menerima Komite Danau Toba (KDT) di Manggala Wanabakti, Kamis (7/11/2019)

Jakarta -- Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong menerima Komite Danau Toba (KDT) di Manggala Wanabakti, Kamis (7/11/2019). Ketua Komite Danau Toba, Edison Manurung mengucapkan selamat kepada Wamen Alue atas dipercaya menjadi Wakil Menteri di KLHK.

Tim dari KDT datang bertemu pimpinan di KLHK membicarakan tentang rencana Green Toba atau penghijauan di sekitar kawasan Danau Toba. Wamen Alue Dohong mendengarkan secara seksama rencana baik yang disampaikan oleh KDT.

Baca Juga: Ini Alternatif Penanganan Pencemaran Danau Toba

Beberapa hal yang direncanakan oleh KDT adalah agenda penanaman pohon di sekitar kawasan Danau Toba. Rencana Green Toba ini juga dilanjutkan dengan pengelolaan sampah dan limbah di Danau Toba.

Wamen Alue menyambut baik rencana tentang Green Toba. "Sangat bagus, saya harap bukan hanya keindahan lingkungan dan hutannya yang hijau, namun juga kebudayaan di sana yang bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan," ungkap Wamen Alue.

 

Wamen Alue menjelaskan bahwa kegiatan reboisasi di daerah tangkapan air dataran atas, berguna untuk perbaikan tutupan hutan sekaligus memperindah lansekap Danau Toba.

Selanjutnya, terkait dengan isu pengelolaan sampah, Wamen Alue beranggapan bahwa pendidikan lingkungan harus dibangun. Karena hal ini berperan penting dalam penyadaran masyarakat mengelola sampahnya. Dalam hal peningkatan penyadaran masyarakat ini, Wamen Alue berharap KDT dapat menjadi motor penggerak di masyarakat. 

Danau Toba yang menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas pemerintah, KLHK berencana membangun instalasi pengolahan limbah, yang hasil pengolahan nanti salah satunya dapat menjadi sumber energi. Selain Danau Toba, destinasi wisata yang ditetapkan pemerintah sebagai super prioritas adalah Candi Borobudur, kawasan Mandalika, Labuan Bajo, dan kawasan Likupang.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR