Jumat, 15 November 2019
News & Nature
Berita

BBKSDA Papua Amankan Pemburu

Kamis, 7 November 2019

Di Kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop

BBKSDA Papua Amankan Pemburu
ksdae.menlhk.go.id
Tim Resort Port Numbay Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua bersama Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Serma Murdiyanto dari Satuan Koramil 1701-02 Jayapura Utara, berhasil mengamankan seorang pemburu di dalam kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop. Peristiwa tersebut berlangsung Rabu (6/11/2019)

Jayapura -- Tim Resort Port Numbay Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua bersama Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Serma Murdiyanto dari Satuan Koramil 1701-02 Jayapura Utara, berhasil mengamankan seorang pemburu di dalam kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop. Peristiwa tersebut berlangsung Rabu (6/11/2019).

Kepala Resort Port Numbay Balai Besar KSDA Papua, Victory S. Karubaba, mengaku mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai aktivitas perburuan di dalam kawasan. “Kami bergerak ke dalam kawasan, dan ternyata pemburu itu sudah masuk sangat jauh, di Grid 94 Resort Port Numbay,” kata Victory. 

Baca Juga: BBKSDA Papua Evaluasi SM Mamberamo Foja

Dari penjelasan tersebut dapat diperkirakan seberapa jauh pemburu masuk ke dalam kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop, karena luasan satu grid adalah 100 hektare.

Victory bersama tim memergoki pemburu tersebut sedang membidik target berupa burung di atas dahan pohon menggunakan senapan angin. Namun karena panik dengan kehadiran Victiry bersama timnya, pemburu kemudian melepaskan tembakan ke tanah. Barang bukti berupa senapan angin bersama pemburu berinisial HA kemudian dibawa ke kantor BBKSDA Papua untuk menjalani proses lebih lanjut.

Serma Murdiyanto menyatakan akan terus bersinergi bersama Balai Besar KSDA Papua dalam pengamanan kawasan beserta seluruh sumber daya yang terkandung di dalamnya. “Setiap tim Resort Port Numbay melakukan patroli, kami selalu memberikan dukungan. Ke depan tentu akan terus bekerja sama,” ungkap Serma Murdiyanto.

Baca Juga: Kepala BBKSDA Papua Buka Uji Kompetensi

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S. Hut., M. Si., menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik, termasuk dari masyarakat dan pihak keamanan. 

“Menjaga kekayaan keanekaragaman hayati sama pentingnya dengan menjaga keamanan negara, dan itu menjadi tugas bersama. Bayangkan bagaimana bila kekayaan keanekaragaman hayati kita punah, negara kita akan kosong, tidak ada kebanggaan di dalamnya. Pengamanan pemburu ini merupakan bentuk implementasi kerja sama yang sangat baik di antara pihak-pihak terkait. Ke depan saya harap masyarakat semakin sadar dan turut bersama-sama menjaga sumber daya alam hayati kita,” katanya.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR