Senin, 9 Desember 2019
News & Nature
Berita

TN Matalawa Gelar Pameran Desa Binaan

Kamis, 10 Oktober 2019

Tampilkan produk-produk yang telah mereka kembangkan

TN Matalawa Gelar Pameran Desa Binaan
ksdae.menlhk.go.id
Gelar Teknologi dan Pameran Desa Binaan Taman Nasional Matalawa

Waingapu -- Keberadaan desa yang berbatasan dengan taman nasional seringkali menjadi bumerang bagi pengelolaan kawasan. Sebab, keberadaannya terkadang menjadi ancaman bagi kawasan. 

Untuk mengantisipasi hal itu serta meningkatkan kreativitas dan perekonomian masyarakat desa, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) beberapa kali memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat desa.

Baca Juga: TN Matalawa Nilai Efektivitas Pengelolaan Kawasan

Msayarakat desa yang telah diberikan bantuan memperoleh kesempatan melakukan show-off produk-produk yang telah mereka kembangkan. Produk-produk yang dipamerkan antara lain jamu kunyit dari Desa Kambatawundut, telur asin dari Desa Langgaliru, kopi Sumba dari Desa Laputi, gula sabu dari Desa Umamanu, dan lain-lain. Undangan yang datang dapat mencoba langsung produk-produk tersebut serta memesan dan melakukan pembelian kepada kelompok masyarakat.

Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, dalam acara Gelar Teknologi dan Pameran Desa Binaan Taman Nasional Matalawa, menyampaikan rasa bangga kepada para kelompok masyarakat yang telah berhasil dalam mengembangkan produk-produk unggulan dari potensi desanya sendiri. Beliau berharap bahwa usaha yang telah dirintis bersama ini dapat terus berlanjut serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan pada akhirnya mengurangi tekanan terhadap kawasan taman nasional.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR