Senin, 9 Desember 2019
News & Nature
Berita

Pembangunan Tanpa Harus Abaikan Asas Konservasi

Senin, 9 September 2019

Penandatanganan RPP dan RKT 2019 antara Balai TN Matalawa dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional

Pembangunan Tanpa Harus Abaikan Asas Konservasi
ksdae.menlhk.go.id
Penandatanganan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) 2019 antara Balai TN Matalawa dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang di Waingapu, 6 September 2019

Waingapu -- Pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur berupa jalan merupakan aspek penting dalam kehidupan. Jalan bisa melancarkan arus transportasi, baik berupa barang, jasa, maupun kegiatan lainnya. Kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang terletak di tiga kabupaten di Pulau Sumba juga menjadi bagian penting dalam pengembangan infrastruktur jalan karena sebagian kawasannya memotong jalan penghubung antarkabupaten.

Untuk mendukung proyek tersebut dilangsungkan pertemuan serta penandatanganan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) 2019 antara Balai TN Matalawa dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang di Waingapu, 6 September 2019. Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah ditandatangani sebelumnya. 

Baca Juga: Masterplan Pariwisata Alam TN Matalawa Diteken

Selain penandatanganan dokumen, Kepala BPJN, Dr. Ir. Muktar Napitupulu, M.Sc, beserta jajarannya juga memaparkan RPP dan RKT tersebut kepada pegawai TN Matalawa tentang pengelolaan jalan nasional yang melintasi kawasan TN Matalawa yang juga merupakan bagian dari kegiatan pembangunan strategis di NTT.

Dalam sambutannya Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, menekankan, pembangunan dan pemeliharaan jalan merupakan kegiatan pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan. Namun, pembangunan harus tetap berpegang pada aturan,  prosedur dan memperhatikan asas-asas konservasi dalam pelaksanannya. Dokumen RPP dan RKT merupakan tolok ukur untuk menjadikannya bahan evaluasi dari setiap pekerjaan yang akan dilakukan oleh mitra khususnya BPJN. 

Baca Juga: Program Pemulihan Ekosistem TN Matalawa

Kepala BPJN mengungkapkan, pekerjaan yang akan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan asas manfaat dan meningkatkan keamanan para pengguna jalan karena kondisi jalan trans Sumba yang menghubungkan Sumba Timur hingga Sumba Barat Daya saat ini belum memenuhi standar jalan nasional.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR