Selasa, 10 Desember 2019
News & Nature
Berita

HUT Ke-74 RI, TN Bunaken Gelar Aksi Bersih Sampah

Sabtu, 17 Agustus 2019

Wujud kepedulian dari berbagai pihak

HUT Ke-74 RI, TN Bunaken Gelar Aksi Bersih Sampah
ksdae.menlhk.go.id
Aksi bersih sampah dilaksanakan di Pulau Bunaken untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia

Manado -- Aksi bersih sampah dilaksanakan di Pulau Bunaken untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia. Aksi bersih sampah diikuti perwakilan Balai Taman Nasional Bunaken, Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Utara, dan Lantamal VIII sebagai inisiator kegiatan.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, Msi menyampaikan, aksi bersih sampah merupakan wujud kepedulian dari berbagai pihak. "Bunaken adalah pusat dari kegiatan wisata bahari. Kita mengajak semua pihak untuk terlibat langsung dalam aksi ini. Kondisi perairan hari ini relatif bersih dibandingkan di area pantai," katanya.

Baca Juga: Masyarakat Jadi Mitra Konservasi TN Bunaken

Dalam kesempatan ini, hadir Prof. Purwanto dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai MAB UNESCO untuk pencalonan Bunaken-Tangkoko-Minahasa sebagai Cagar Biosfer dunia. Ia menyampaikan, di Indonesia terdapat 16 Cagar Biosfer. Dikatakannya, Taman Nasional Bunaken akan diusulkan menjadi cagar biosfer ke-17 di Indonesia sehingga memiliki arti penting yakni sebagai penunjang ekonomi, riset dan branding Sulawesi Utara dan Indonesia.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi Prof. Ir. Farnis Boneka, M.Sc yang turut hadir dalam aksi bersih sampah mengatakan, Taman Nasional Bunaken merupakan laboratorium alam yang sangat luar biasa. 

Baca Juga: TN Bunaken Tanam 2.000 Bibit Mangrove

Saat ini, mahasiswa dari dalam negeri dan luar negeri terus meningkat dalam rangka riset dan perkuliahan dengan fokus di Taman Nasional Bunaken. "Hal ini sebagaimana menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dengan Rektor Universitas Sam Ratulangi dan Perjanjian Kerjasama antara Balai Taman Nasional Bunaken dan FPIK Unsrat," kata Farnis.
 
Dalam kegiatan aksi bersih sampah diikuti oleh para mitra TNI AL (Lantamal VIII) TNI AD (Korem 131 Santiago), Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Manado, Dive Center dan Resort seperti Villa Dahlia, Murex, Siladen&Spa, Tasik Ria, Bastianos, Oasis, Cicak Senang, serta jajaran Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Sulawesi Utara.

Baca Juga: TN Bunaken Serahkan Bantuan Motor Tiga Roda

Dari sebanyak 689 kg sampah yang terkumpul selanjutnya diangkut dengan menggunakan perahu sampah Kecamatan Bunaken Kepulauan Pemkot Manado untuk dibawa Tempat Pembuangan Akhir di Manado.
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR