Kamis, 23 Januari 2020
News & Nature
Berita

Ini 45 "Champions" Pemenang Wana Lestari

Kamis, 15 Agustus 2019

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri LHK

Ini 45 "Champions" Pemenang Wana Lestari
ppid.menlhk.go.id

Jakarta -- Sebanyak 45 orang pemenang lomba dan penerima Apresiasi Wana Lestari akan mendapat penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Pemenang lomba dan penerima Apresiasi Wana Lestari ini terbagi menjadi 12 kategori.

"Keduabelas kategori yang terdiri sari 45 champions ini kalau dilihat mereka sebenarnya merupakan orang-orang yang menggetarkan dunia pembangunan sektor kehutanan, kita sudah siapkan champions yang benar-benar punya prestasi di lapangan," ujar Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) KLHK, Helmi Basalamah saat memberikan keterangan persnya, di Jakarta, Kamis (15/7/2019).

Baca juga: Pengelolaan Arsip KLHK Dinilai Sangat Baik

Pemberian apresiasi tersebut disesuaikan dengan tema HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju. Sejalan dengan tema tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) KLHK terus mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan handal.

Sebanyak 12 kategori tersebut dibedakan menjadi tujuh kategori Pemenang Lomba Wana Lestari dan lima kategori Penerima Apresiasi Wana Lestari. Pemenang Lomba Wana Lestari adalah pemenang yang sudah memenangkan perlombaan mulai jenjang Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

Para pemenang terebut terdiri dari penyuluh Kehutanan PNS (6 orang pemenang). Kelompok Tani Hutan (6 pemenang), Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (6 pemenang), Kader Konservasi Alam (3 pemenang), Kelompok Pecinta Alam (3 pemenang), Pengelola Izin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (4 pemenang), dan Pengelola Hak Pengelolaan Hutan Desa (4 pemenang).

Sementara lma  kategori Penerima Apresiasi Wana Lestari yaitu Polisi Kehutanan  (5 kategori/3 pemenang), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (3 pemenang), Manggala Agni (3 pemenang), Masyarakat Peduli Api (3 pemenang), Pengelola Hutan Adat (1 pemenang).

Para pemenang dari 12 kategori ini nanti selain menerima penghargaan, juga akan mendapat kesempatan mengikuti rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 74. Pemenang dapat mengikuti sidang bersama DPD-DPR RI pada tanggal 16 Agustus 2019.

Penyerahan penghargaan berupa piala dan piagam penghargaan oleh Menteri LHK sendiri dlakukan  pada tanggal 16 Agustus 2019 di Arboretum Ir. Lukito Faryadi, MSc, Gedung Manggala Wanabakti.

Selain itu, para pemenang diundang mengikuti upacara Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun RI ke 74, tanggal 17 Agustus 2019 di Istana Negara, yang diikuti oleh para teladan terbaik lain.

Rangkaian pemberian penghargaan pada Pemenang Lomba dan Penerima Apresiasi Wana Lestari 2019 ini juga akan diisi dengan Temu Karya, Temu Usaha dan Pameran Kopi Hutan Produk KTH di Arboretum Ir. Lukito Faryadi, MSc, Gedung Manggala Wanabakti.

Pertemuan-pertemuan ini digelar sebagai wadah tukar informasi dan pengalaman para pelaku pembangunan di tingkat tapak untuk semakin mengembang upaya dan usahanya memajukan sektor kehutanan masyarakat, serta menyebarkan semangat enterpreneurship dari sektor kehutanan khususnya kopi, kepada generasi muda, demi kemajuan sektor kehutanan Indonesia.*

 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR