Rabu, 24 Juli 2019
Berita Konservasi

32 Tukik Penyu Lekang Dilepasliarkan

Minggu, 7 Juli 2019

Ditemukan warga dalam ember di Pantai Base G Jayapura

32 Tukik Penyu Lekang Dilepasliarkan
ksdae.menlhk.go.id
Tukik penyu lekang yang ditemukan warga dalam ember di Pantai Base G Jayapura

Jayapura -- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua melepasliarkan 32 tukik penyu lekang (Lepidochelys olivaceae) di Pantai Base G Jayapura. Pelepasliaran dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Papua, Kepala KPHK Kota Jayapura, masyarakat adat di sekitar Pantai Base G, para pengunjung pantai, dan wartawan. 

Bermula dari laporan seorang warga Kayu Batu bernama Jhon Filex Makanuay yang menemukan sejumlah tukik penyu di pantai Base G, Jayapura, pada Selasa (2/7/2019) lalu, BBKSDA Papua segera melakukan pengecekan. Hasilnya, ditemukan 32 tukik penyu lekang di dalam ember yang kemudian dibawa ke Kantor BBKSDA Papua untuk mendapatkan penanganan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: 5.100 Kura-kura Moncong Babi Dilepasliarkan

Pemeriksaan medis dilakukan oleh drh. Widya dari BBKSDA Papua. Ia  menyatakan, semua tukik penyu dalam keadaan sehat serta siap dilepasliarkan. Lokasi pelepasliaran ditetapkan di Pantai Base G, mengingat di sanalah tukik-tukik penyu tersebut ditemukan. Secara langsung Pantai Base G terhubung dengan Samudera Pasifik yang diketahui sebagai salah satu habitat penyu lekang di Indonesia.   

Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si. mengimbau masyarakat agar menjaga habitat penyu di Pantai Base G dan sekitarnya. Apabila masyarakat menemukan kasus serupa agar langsung melaporkan melalui Call Center BBKSDA Papua. 

Baca Juga: BBKSDA Papua Amankan 5.247 Kura-kura Moncong Babi

Penyu lekang termasuk salah satu jenis satwa yang dilindungi Undang-Undang sebagaimana diatur terakhir berdasarkan Permen LHK Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018. Selanjutnya, Edward menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat dan para pihak lainnya yang telah berperan aktif dalam menjaga dan melindungi satwa liar dilindungi beserta habitatnya di alam.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR