Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Berita

TN Matalawa Siaga Karhutla

Sabtu, 25 Mei 2019

Ancaman kebakaran hutan semakin nyata seiring mengeringnya rerumputan di padang savana

TN Matalawa Siaga Karhutla
ksdae.menlhk.go.id
Ancaman kebakaran hutan semakin nyata seiring mengeringnya rerumputan di padang savana

Waingapu -- Ancaman kebakaran hutan semakin nyata seiring mengeringnya rerumputan di padang savana di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa). Hembusan angin yang cukup kencang juga semakin meningkatkan resiko terbentuknya api.

Kondisi cuaca yang panas tidak menyurutkan semangat para petugas Resort Tanah Daru untuk terus melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan. Dipimpin Kepala Resort Tanah Daru, Djilik Ay, anggota resort dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) menyisir kawasan rawan kebakaran. 

Baca Juga: Penyegaran Kelompok Pemanfaat HHBK TN Matalawa

Selain melakukan patroli kebakaran, para petugas juga melakukan pencegahan terhadap perburuan liar. Resort Tanah Daru merupakan daerah yang rawan kebakaran serta perburuan karena sebagian kawasan ini didominasi oleh rumput yang menjadi habitat rusa timor (Cervus timorensis).

Dalam perjalanannya, petugas juga turut mensosialisasikan program-program pencegahan serta dampak negatif akibat kebakaran hutan kepada masyarakat yang tinggal di pinggir kawasan TN. Patroli yang dilakukan sejak pukul 09.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA tidak menunjukkan adanya titik api dalam kawasan TN Matalawa. 
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR