Senin, 9 Desember 2019
News & Nature
Berita

TNAL Berdialog dengan Pemkab Halmahera Tengah

Kamis, 16 Mei 2019

Demi sinergitas program

TNAL Berdialog dengan Pemkab Halmahera Tengah
ksdae.menlhk.go.id
TNAL Berdialog dengan Pemkab Halmahera Tengah

Sofifi -- Setelah Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) juga berdialog dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, Senin (13/5/2019). Audiensi bertujuan untuk melakukan sinergitas program kegiatan Balai TNAL dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), khususnya pada wilayah Resort Akejira.

Audiensi dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Halteng dan dipimpin langsung Sekretaris Daerah Saiful Samad. Peserta audiensi antara lain beberapa Kepala Dinas, Burung Indonesia dan Balai TNAL yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Weda, Raduan dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Lilian Komaling.

Baca Juga: TNAL dan AMAN Gelar Workshop Kemitraan Konservasi

Balai TNAL melakukan paparan pertama. Paparan menjelaskan tentang tupoksi taman nasional, dasar hukum, penunjukan dan penetapan, zonasi, serta program kegiatan pemberdayaan masyarakat pada wilayah kerja Resort Akejira. Raduan menyebutkan, terdapat rencana aksi jangka pendek yang akan dilaksanakan oleh SPTN Wilayah I Weda pada wilayah kerjanya.

Setelah paparan dari Balai TNAL, paparan dilanjutkan oleh Vivin Widyasari dari Burung Indonesia. Vivin menyebutkan bahwa fokus kerja Burung Indonesia berada pada kawasan Wallacea. Hal ini dikarenakan kawasan Wallacea memiliki keragaman endemis yang tinggi. Setelah paparan tersebut dilakukan dialog bersama.

Baca Juga: Ini Jenis Serangga Hasil Penelitian di TNAL

Hasil dari audiensi tersebut salah satunya adalah mengetahui model pengelolaan bersama dalam mengembangkan desa-desa penyangga kawasan TNAL beik berupa pemberdayaan masyarakat maupun pengembangan potensi wisata alamnya. Pemda Halmahera Tengah dalam diskusinya mendukung setiap kegiatan Balai TNAL dalam melakukan pemberdayaan masyarakat di wilayah Halmahera Tengah.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR