Senin, 19 Agustus 2019
Berita Tata Kelola

BKSDA Kalsel Laksanakan Monev di Kuala Lupak

Kamis, 9 Mei 2019

Program pemberdayaan masyarakat

BKSDA Kalsel Laksanakan Monev di Kuala Lupak
ksdae.menlhk.go.id
BKSDA Kalsel Laksanakan Monev di Kuala Lupak

Kuala Lupak -- Program pemberdayaan masyarakat sangat membantu Balai Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan dalam upaya perlindungan dan pelestarian kawasan konservasi, Selasa (7/5/2019). Untuk peningkatan keberhasilan program ini, BKSDA Kalimantan Selatan melaksanakan monitoring dan pendampingan kepada kelompok masyarakat Budidaya Kepiting di Desa Kuala Lupak. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim yang langsung dipimpin Kepala BKSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc, Kepala SKW II Banjarbaru, M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si., dan staf. 

Dalam sambutan dan arahannya, Mahrus menyampaikan, BKSDA Kalimantan Selatan memberikan dukungan kepada masyarakat Desa Kuala Lupak khususnya Kelompok Masyarakat Budidaya Kepiting. Diharapkan, kelompok menyampaikan laporan kegiatan secara transparan, sehingga dapat diketahui masalah yang terjadi dan alternatif solusi pemecahannya. Selain itu diharapkan juga kegiatan ini secara langsung dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan berperan aktif menjaga kelestarian kawasan Suaka Margasatwa Kuala Lupak.

Baca Juga: BKSDA Kalsel Bina Penangkar Rusa Sambar

Ketua kelompok masyarakat Budidaya Kepiting, Khairullah dan para anggota menyampaikan perkembangan dan kendala yang dihadapi. Khairullah menyampaikan, dalam melaksanakan kegiatan kelompok dibagi menjadi 4 subkelompok.  Hal ini dilakukan untuk memudahkan operasional pekerjaan dan pengawasan kegiatan budidaya kepiting.  

Dalam perkembangannya, kegiatan ini sudah dapat menghasilkan, namun dalam kapasitas yang terbatas sehingga keuntungan masih kecil.  Dengan kondisi tersebut, kelompok ingin melaksanakan pengembangan kegiatan budidaya kepiting lebih lanjut agar keuntungan dapat meningkat. Aspirasi lainnya adalah keinginan kelompok untuk mengikuti pelatihan agar kapasitas mereka dapat meningkat dalam pengelolaan budidaya kepiting tersebut. 

Tanggapan Kepala BKSDA Kalimatan Selatan atas aspirasi kelompok adalah akan berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Barito Kuala terkait informasi dan ilmu budidaya kepiting ataupun budidaya perikanan lainnya. Juga keterlibatan Dinas Perikanan Kabupaten setempat untuk memberikan ilmu dan informasi kepada kelompok agar kapasitas kelompok tersebut dapat meningkat. 
 



BAGIKAN

BERI KOMENTAR