Rabu, 24 April 2019
Berita Konservasi

BKSDA Kalteng Cek Orangutan Di Kumai Hulu

Minggu, 14 April 2019

Perjumpaan dengan warga

BKSDA Kalteng Cek Orangutan Di Kumai Hulu
ksdae.menlhk.go.id
Lokasi perjumpaan dengan orangutan

Palangkaraya -- Menindaklanjuti laporan warga Kumai, Saptiyono terkait perjumpaan dengan orangutan di daerah Kumai Hulu, arah Pelabuhan Kalap, Kecamatan Kumai, Sabtu (6/4/2019) silam, Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah telah melaksanakan groundcheck ke lokasi tersebut. Lokasi perjumpaan satwa berupa vegetasi tumbuhan akasia dan semak belukar serta terdapat danau bekas galian pasir.

Saat melaksanakan ground check ditemukan 3 buah sarang orangutan yang masih baru. Saat itu orangutan sempat terlihat oleh petugas. Namun kemudian tim kehilangan jejak dikarenakan orangutan tersebut bersembunyi ke dalam hutan. 

Diperkirakan orangutan tersebut masih remaja. Tim WRU SKW II yang melakukan pemantauan kemudian menghimbau kepada pelapor untuk segera menghubungi petugas apabila orangutan tersebut kembali terlihat serta memantau orangutan tersebut agat tidak kehilangan jejak.

Orangutan sebagai satwa terancam punah punya peran penting dalam menjaga kelangsungan ekosistem hutan, Pembukaan lahan dan ekspansi tanpa batas membuat habitat mereka terancam. Kerjasama seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan demi menjaga kelestarian orangutan serta ekosistem hutan untuk kehidupan manusia yang lebih baik.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR