Minggu, 20 Oktober 2019
Berita Konservasi

BBKSDA Riau Selamatkan Harimau Sumatra Terjerat

Selasa, 26 Maret 2019

Dititipkan ke PR-HSD di Dhamasraya

BBKSDA Riau Selamatkan Harimau Sumatra Terjerat
BBKSDA Riau
Harimau sumatra terjerat

Pekanbaru -- Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berhasil menyelamatkan harimau sumatra yang terjerat di Desa Sangar, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan pada Jumat (22/3/2019).  Keberhasilan itu tidak lepas dari reaksi cepat petugas.

Setelah mendapatkan informasi dari staf PT Gemilang Cipta Nusantara, BBKSDA Riau langsung menurunkan tim pendahuluan dan pengamanan untuk melakukan observasi lokasi harimau sumatra terjerat dan koordinasi dengan aparat setempat. Tim awal menemukan fakta tidak ada aksesibilitas darat dan air ke lokasi harimau sumatra terjerat.

Baca Juga: Harimau di Kolong Ruko Berhasil Dievakuasi

Pada Minggu (24/3/2019), sekitar pukul 02.00 WIB, tim medis BBKSDA Riau bersama dengan tim dari Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatra Dhamasraya (PR-HSD) memutuskan berangkat ke TKP. Pertimbangannya, kondisi harimau sumatra dimungkinkan semakin menderita akibat terkena jerat. 

Pada pukul 10.50 WIB, harimau Sumatra berjenis kelamin jantan dengan berat ± 90 kg berhasil dilakukan pembiusan dan diangkat menggunakan tandu. Pukul 12.00 WIB, harimau Sumatra sudah bisa dimasukkan ke dalam kandang transit dan dilakukan observasi lanjutan, khususnya pengobatan kaki yang terkena jerat dan sudah menunjukkan infeksi. Selanjutnya penanganan hidrasi yang bertujuan menambah asupan air ke dalam tubuh untuk menghindari dehidrasi. Untuk proses penanganan lebih lanjut, BBKSDA Riau akan menyerahkan ke BKSDA Sumatera Barat yang selanjutnya dititipkan ke PR-HSD di Dhamasraya.

Kepala Balai Besar KSDA Riau menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu penyelamatan harimau Sumatra yang dilindungi. Ia mengharapkan untuk ke depannya kesadaran masyarakat akan perlindungan satwa liar dilindungi semakin meningkat.

Kepada masyarakat yang akan melakukan pengaduan terkait tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi dapat melapor kepada Call Center Balai Besar KSDA Riau dengan Nomor 0813 7474 2981.




BAGIKAN

BERI KOMENTAR