Rabu, 24 Juli 2019
Berita Bentang Alam

Momentum Perangi Sampah Kupang di HPSN 2019

Sabtu, 9 Maret 2019

Aksi bersih sampah dipimpin Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat

Momentum Perangi Sampah Kupang di HPSN 2019
Aksi bersih sampah di NTT

Kupang -- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat dan Direktur Penilaian Kinerja PSLB3 KLHK, Sinta Saptarina memimpin Gerakan Aksi Bersih dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019.

Acara diawali dengan apel siaga dan penandatanganan Deklarasi Bersih Sampah oleh seluruh elemen yang hadir. Dalam arahannya, Gubernur NTT menyampaikan, HPSN harus dijadikan momentum memerangi sampah. Sebab, NTT diberi predikat sebagai provinsi yang memiliki satu kota dan dua kabupaten terkotor di Indonesia.  

Baca Juga: Mari Berwisata Alam tanpa Sampah Plastik

Aksi bersih dilakukan di 6 spot di sekitar Teluk Kupang yaitu Pantai Fatubesi, belakang Hotel Sotis, depan Hotel Aston, Pantai Paradiso, Pantai Warna-warni dan Pantai Lasiana. 

Peserta melakukan pembersihan dengan memilah sampah organik dan nonorganik serta dilakukan penimbangan. Sampah-sampah yang terkumpul dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Aksi bersih ini diikuti oleh 2500 peserta dari instansi setempat baik pemerintah daerah, UPT Pusat, swasta dan masyarakat.

Di tempat terpisah, Kepala BBKSDA NTT, Timbul Batubara menyampaikan, tujuan dilakukannya aksi bersih NTT adalah agar menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Generasi Muda Jadi Agen Gaya Hidup Bersih

Selanjutnya, Timbul menyampaikan, alasan pengambilan lokasi pantai untuk aksi bersih sampah ini karena wilayah pesisir pantai selalu menjadi lokasi terakumulasinya sampah-sampah plastik dari berbagai penjuru.

Dalam acara tersebut, BP2LHK Kupang berkesempatan untuk mendiseminasikan Teh Faloak (Sterculia quadrifida, R.Br) yang disajikan untuk peserta aksi bersih NTT dan juga melakukan pembagian buku “Burung Teluk Kupang”. Aksi memerangi sampah kemudian dilanjutkan dengan melakukan kerja bakti di sekitar kantor yang diikuti oleh seluruh karyawan/ti BP2LHK Kupang. 
 




BAGIKAN

BERI KOMENTAR