Jumat, 22 Maret 2019
Berita Konservasi

BKSDA Maluku Lepasliarkan Buaya ke Sungai Nif

Senin, 4 Maret 2019

Resahkan warga Seram Barat

BKSDA Maluku Lepasliarkan Buaya ke Sungai Nif
ksdae.menlhk.go.id
Buaya yang meresahkan warga Seram Barat

Kairatu -- Setelah melakukan perawatan selama dua hari untuk pengobatan di mulut akibat jeratan tali, buaya yang diamankan di Desa Hatusua, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat berhasil dilepasliarkan ke habitatnya. Pelepasliaran dilakukan di KSA/KPA Sungai Nif, Desa Dawang, Kecamatan Teluk Waru, Kabupaten Seram Bagian Timur.

Tim pelepasliaran dipimpin Kepala Resort Piru, Sugeng Prayitno, A.Md, dibantu tim medis BKSDA Maluku, Drh. Dirwan. Dipilihanya KSA/KPA Sungai Nif karena tempat yang aman dan jauh dari permukiman warga. Warga sendiri sudah mengetahui Sungai Nif merupakan habitat buaya sehingga mereka jarang masuk ke dalam kawasan konservasi tersebut.

Baca Juga: BKSDA Maluku Lepasliarkan 61 Ekor Kakatua Tanimbar

Selama ini, populasi buaya di KSA/KPA Sungai Nif cukup terpelihara dengan baik. Di samping itu kawasan ini merupakan habitat rusa Timor Seram dan babi hutan yang menjadi mangsa atau sumber pakan bagi buaya. 

Selanjutnya Kepala BKSDA Maluku, Mukhtar Amin Ahmadi, mengimbau kepada masyarakat, apabila melihat kemunculan buaya yang meresahkan agar segera menghubungi petugas BKSDA atau menangkapnya dalam keadaan hidup supaya dapat dievakuasi ke habitatnya yang aman.




BAGIKAN

BERI KOMENTAR