Sabtu, 7 Desember 2019
News & Nature
Berita

TNKM dan APHI Kaltara Gelar Pelatihan Dalkarhutla

Sabtu, 10 November 2018

Meningkatkan kesiapsiagaan

TNKM dan APHI Kaltara Gelar Pelatihan Dalkarhutla
ksdae.menlhk.go.id
Pelatihan pengendalian karhutla

Bulungan -- Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) kembali dilaksanakan Balai Taman Nasional Kayan Mentarang. Kali ini Balai TNKM bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI)  Komisariat Daerah Kalimantan Utara.

Kegiatan yang berlangsung di Kabupaten Bulungan, 5-6 November 2018 ini dihadiri 47 peserta yang berasal dari 8 perusahaan kayu yang beropersi diwilayah Kalimantan Utara, baik perusahaan dengan bidang usaha Hutan Tanaman Industri (HTI) maupun Hutan Alam (HA). Tambahan peserta pada saat simulasi Karhutla sebanyak 25 orang dari Kodim Bulungan.

Baca Juga: TNKM Upayakan Peningkatan Populasi Banteng

Menurut Ketua APHI Kaltara, Eddy Zulkarnain, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pengetahuan terkait karhutla, terutama pada perusahaan kayu yang berada di wilayah Kalimantan Utara.

 "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan SDM perusahaan dalam pengendalian Karhutla serta tidak lupa pula tiap anggota APHI  Kaltara taat dan patuh terhadap setiap peraturan dari negara/Pemerintah seperti INPRES Nomor 11 Tahun 2015 dan PermenLHK Nomor 32 tahun 2016 tentang pengendalian Karhutla serta peraturan lainnya," ungkap Eddy Zulkarnain

Baca Juga: Kayan Mentarang Serahkan Satli ke BKSDA Kaltim

Kepala Balai Taman Nasional Kayan Mentarang Johnny Lagawurin melalui Misoniman (Polhut BTNKM) dan Hendriadi Dasra (PEH BTNKM) selaku Narasumber pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kesadaran akan bahaya Karhutla di lingkungan pelaku usaha kayu tersebut sangat penting dan peranannya pun sangat vital.

"Peranan perusahaan kayu ini sangat vital dalam urusan karhutla, sehingga penting bagi mereka untuk mendapatkan pengetahuan tentang pencegahan dan pengendalian karhutla." Ungkap Misoniman di dampingi Hendriadi Dasra.

Baca Juga: Warga Malinau Serahkan Beruang & Owa Kalimantan

Selain perusahaan kayu, sebelumnya Balai TNKM juga telah banyak melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan penyangga TNKM dan masyarakat umum terkait bahaya karhutla. Baik sosialisasi berupa kegiatan maupun dalam pergaulan sosial dari masing-masing pegawainya agar pencegahan terhadap karhutla dapat berjalan efektif.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR