Senin, 27 Januari 2020
News & Nature
Berita

Pengamatan Senandung Kakatua di Pulau Moyo

Senin, 15 Oktober 2018

Kegiatan World Parrot Trust dan BKSDA NTB

Pengamatan Senandung Kakatua di Pulau Moyo
ksdae.menlhk.go.id
Kakatua Pulau Moyo

Pulau Moyo -- World Parrot Trust, sebuah lembaga amal internasional menggandeng Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui perwakilan Kantor SKW II Sumbawa untuk menyelenggarakan Pengamatan dan Kampanye "Senandung Kakatua at Moyo Island" di Pulau Moyo, Sumbawa, 13-14 Oktober 2018. 

Kegiatan kampanye dan pengamatan kakatua melibatkan Sumbawa Biodiversity, Birding Indonesia, Universitas Teknologi Sumbawa dan Masyarakat Mitra Polhut. Jumlah partisipan sebanyak 20 orang. Para peserta yang merupakan siswa dan siswi SD/SMP Satu Atap Labuan Aji, Pulau Moyo yang mejadi lokasi kegiatan Kampanye, termasuk juga masyarakat sekitar.

Baca Juga: BKSDA NTB Selenggarakan Pelatihan untuk PEH

Pada hari pertama, pengamatan kakatua kecil jambul kuning mengambil lokasi di sekitar 1.7 km dari air terjun Matajitu. Pada saat pengamatan ditemukan 3 ekor kakatua, 2 di antaranya sempat masuk ke dalam lubang yang diduga merupakan sarang. Pada saat perjalanan pulang tim kembali menemukan 6 ekor kakatua terbang berputar-putar di sekitar lokasi pengamatan.

Pengamatan kakatua kecil jambul kuning kembali dilakukan dalam perjalanan pulang menuju Sumbawa oleh Komunitas World Parrot Trust yang didampingi Tim SKW II BKSDA NTB melalui atas kapal di site Brang Sedo, dan ditemukan 13 ekor kakatua (diduga 3 kelompok) terbang berpindah-pindah pada beberapa pohon.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR