Kamis, 4 Juni 2020
News & Nature
Konservasi

Apa Kabar Owa Jawa Billy?

Selasa, 14 Agustus 2018

Kini sudah berusia tiga bulan

Apa Kabar Owa Jawa Billy?
ksdae.menlhk.go.id
Owa Jawa Billy

Cibodas -- Mau tahu perkembangan Billy Putri, owa Jawa yang terlahir lewat operasi caesar di Bodogol di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, 28 April 2018 lalu?

Awal-awal kelahiran Billy Putri tentu saja menjadi masa kritis. Setelah operasi caesar, pada bulan-bulan pertama diperlukan perawatan intensif. Terutama pada tujuh hari pertama, setiap 2 jam selama 24 jam, bayi dari pasangan Bobby (jantan) dan Jolly (betina) itu diberi minum susu formula. Ini karena ibunya belum bisa menyusui dan mengasuh secara sempurna sehubungan luka bekas operasi caesar masih dalam masa pemulihan.

Baca Juga: TNGGP & JGC Selamatkan Ibu dan Bayi Owa Jawa

Kini, masa kritis sudah berlalu. Billy Putri berkembang dengan baik dan pergerakannya semakin lincah.  Menginjak bulan kedua, anak kedua hasil caesar kedua Jolly ini, terlihat sudah tidak sabar bisa bergerak bebas dan bergelantungan di pepohonan. Dia sudah mulai berusaha berdiri dan mengangkat tangan.

Saat ini, pada umur tiga bulan, Billy kecil sudah mulai mengasah keahlian menggunakan kedua tangannya untuk bergelantungan.  Hanya saja, ibu Billy masih belum bersedia mengasuhnya. Ini karena kondisi pascaoperasi tidak memungkinkan pertemuan intensif  antara anak dan ibu.  Ini merupakan tantangan selanjutnya bagi para pengelola sanctuary.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR