Selasa, 10 Desember 2019
News & Nature
Konservasi

Wisatawan Mancanegara Kunjungi Stand TNGC

Minggu, 8 Juli 2018

Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam

Wisatawan Mancanegara Kunjungi Stand TNGC
ksdae.menlhk.go.id
Talkshow mengupas Taman Nasional Gunung Ciremai

Yogyakarta -- Hari kedua Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam (FTN & TWA) 2018 menjadi ajang Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Taman Nasional di Jawa Barat ini menjadi salah satu narasumber dalam dua live talkshow pada Sabtu (7/8/2018).

Live talkshow dengan tema Pengelolaan Lestari Gunung Ciremai untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Kelestarian Budaya Luhur menjadi perhatian pengunjung karena dihadiri Direktur Jenderal Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekosistem, Bupati Kuningan, Bupati Majalengka yang diwakili Disparbud, Direktur utama BIJB Kertajati, Dekan fakultas Universitas Kuningan dan mitra masyarakat pengelola Gunung Ciremai.

Baca Juga: Ada Cerita Beautiful of Tesso Nilo National Park

Pada talkshow tersebut diungkapkan tentang awal respon negatif terhadap perubahan status Gunung Ciremai, hingga proses membangun pemahaman masyarakat penyangga mengenai fungsi dan manfaat taman nasional baik secara ekologi, ekonomi dan sosial budaya. Diceritakan pula proses perjalanan 11 tahun untuk perbaikan dalam pengelolaan kawasan taman nasional yang saat ini sudah menjadi peluang usaha menjanjikan bagi masyarakat penyangga.  Balai TNGC juga mengadakan soft launching buku yang telah disusun Balai TNGC bersama dengan penulis buku Harley B. Sasta sebagai panduan pendakian Gunung Ciremai.

 Sebagai informasi, pengunjung yang hadir pada stand TNGC berjumlah 200 orang yang tak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga turis mancanegara yang berasal dari Singapura, Italia dan Kolombia. Tidak ketinggalan beberapa agen travel juga menyambangi stand TNGC  agar ke depannya dapat menjalin kerjasama dalam pengembangan wisata alam di Gunung Ciremai.

Baca Juga: KLHK Ajak Masyarakat Dukung Konservasi Alam

Stand TNGC menampilkan informasi tentang Gunung Ciremai melalui leaflet, audiovisual, banner bahkan terdapat welcome food berupa Tape Kuningan dan aneka produk makanan khas Kuningan Majalengka.

Selain informasi mengenai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), beberapa produk masyarakat binaan dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) TNGC juga meramaikan stand. Bahkan beberapa produk seperti boneka macan tutul Jawa, kaos macan tutul Jawa, Topi Ciremai, madu dan tape kuningan habis terjual. Pengunjung semakin padat pada saat penyelenggaraan kuis grand door prize satu unit sepeda gunung, delapan voucher tiket gratis pendakian Gunung Ciremai, satu voucher menginap gratis di homestay desa wisata Cibuntu, dan 10 paket merchandise menarik lainnya.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR