Senin, 19 Agustus 2019
Berita Konservasi

TNBNW dan 2 Kelompok Masyarakat Teken Kerjasama

Rabu, 2 Mei 2018

Pemulihan ekosistem di zona rehabilitasi kawasan di Resort Dumoga Utara

TNBNW dan 2 Kelompok Masyarakat Teken Kerjasama
ksdae.menlhk.go.id
TNBNW dan kelompok masyarakat di Desa Tapadaka Utara, menandatangani perjanjian kerjasama pemulihan ekosistem di zona rehabilitasi kawasan di Resort Dumoga Utara, Rabu (2/5/2018)

Kotamobagu -- Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) dan kelompok masyarakat di Desa Tapadaka Utara, menandatangani perjanjian kerjasama pemulihan ekosistem di zona rehabilitasi kawasan di Resort Dumoga Utara, Rabu (2/5/2018).

Kepala Balai TNBNW, Lukita Awang Nistyantara, menyampaikan, prinsip kolaborasi adalah saling percaya, menghargai, dan menguntungkan. "Untuk itu dalam prosesnya, masyarakat diminta untuk terus menjaga tanaman yang telah ditanam. Sementara pihak Balai TNBNW akan terus mendampingi dan mendukung kegiatan lainnya dalam bentuk peningkatan kapasitas kelompok maupun pemberdayaan masyarakat," kata Lukita.

Baca Juga: Lama Jadi Misteri, Musang Sulawesi Ditemukan Lagi

Perjanjian kerjasama (PKS) dilakukan Balai TNBNW dengan dua kelompok masyarakat, yaitu Kelompok Tapalinow dan Motobatu. Dalam proses kolaborasi ini, masyarakat terlibat penuh dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, termasuk dalam penyusunan anasir-anasir kesepakatan. PKS ini pun telah dikonsultasikan dan mendapat persetujuan dari Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam (Ditjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Proses kolaborasi dan penyusunan PKS ini difasilitasi oleh EPASS Bogani Nani Wartabone Project dan juga didukung oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan Produksi (KPHP) Bolaang Mongondow, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR