• Jumat, 30 September 2022

Dua Peristiwa Heroik di Bandung Jadi Dasar Penetapan Hari Jadi Pertambangan dan Energi, Simak Kisahnya!

- Sabtu, 24 September 2022 | 07:00 WIB
Infografis sejarah pertambangan dan energi (kominfo.go.id)
Infografis sejarah pertambangan dan energi (kominfo.go.id)

KABAR ALAM - Jumat, 28 September 1945. Sekitar pukul 11 WIB, sekelompok pegawai muda mengambil alih paksa kantor Chisitsu Chosasho (Jawatan Geologi) dari tangan Jepang yang tengah menjajah Indonesia.

Tindakan berani sekelompok pegawai muda Chisitsu Chosasho itu diinisiasi Raden Ali Tirtosoewirjo, Arie Federik Lasut (A.F. Lasut), R. Soenoe Soemosoesastro dan Sjamsoe M. Bahroem.

Sejak saat itu, nama Chisitsu Chosasho diubah menjadi Pusat Jawatan Tambang dan Geologi. A.F. Lasut ditunjuk sebagai Kepala Jawatan Tambang dan Geologi Indonesia Pertama.

Baca Juga: Kampung GADIS di Cilacap, Kawasan Kumuh yang Disulap Jadi LIngkungan Sehat, Produktif dan Rendah Emisi

Dikutip dari laman kemendikbud.go.id, peristiwa pengambilalihan secara paksa kantor Chisitsu Chosasho berawal dari tersiarnya kabar kemerdekaan 17 Agustus 1945 lewat radio.

Pada tanggal 25 September 1945, pemerintahan yang dipimpin proklamator Ir. Soekarno dan M. Hatta menyatakan semua pegawai negeri adalah pegawai Republik Indonesia dan wajib menjalankan perintah dari Pemerintah Republik Indonesia.

Atas perintah itu, pada tanggal 27 September 1945 malam, Komite Nasional Indonesia (KNI) Kota Bandung yang baru terbentuk, mengumumkan lewat radio agar keesokan harinya semua kantor dan perusahaan yang ada di Bandung diambil alih dari kekuasaan Jepang.

Baca Juga: RSUD Sumedang Integrasikan Konsep Green Hospital dan Smart City, Apaan Tuh?

Begitu juga dengan Chisitsu Chosasho. Namun, dengan mendompleng tentara sekutu, Belanda kembali melakukan agresi militer, termasuk ke Bandung.

Untuk menghindari agresi Belanda, Kantor Jawatan terpaksa berpindah ke Tasikmalaya, Magelang dan Yogyakarta. Sebab, A.F. Lasut merupakan pemuda yang tegas dan menolak kerja sama dengan Belanda.

Halaman:

Editor: Endan Suhendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Langkah Mudah Penyelenggaraan World Cleanup Day 2022

Rabu, 14 September 2022 | 21:21 WIB
X